Saturday, January 5, 2013

Dampak Kemajuan Teknologi



Globalisasi teknologi, dalam hal ini perkembangan dibidang teknologi informasi.




Pesatnya perkembangan teknologi sering kali disalah-gunakan oleh masyarakat, terutama dikalangan pemuda umumnya, dan pelajar khususnya. Terinspirasi dari pengalaman sehari-hari. Para pelajar menganggap bahwa teknologi informasi yang semakin canggih ini mampu mengerjakan semua beban tugas yang sekolah berikan kepada mereka, memang benar sih. Tapi jika dilakukan si pemilik tugas itu sendiri.


Lain halnya dengan yang satu ini. Dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi, dan semakin menjamurnya para penyedia layanan informasi ( penyedia jasa layanan Internet/warnet,pengetikan/dll ). Para pajar beranggapan bahwa mereka ( para penyedia layanan, red ) bisa mengerjakan tugas-tugas mereka tanpa berfikir apakah itu baik untuk kesuksesannya atau tidak. Yang para pelajar tahu, hanya menerima tugas dari guru, meyerahkannya kepada sang penjaga, tugas selesai, bayar, dan kumpulkan tugas. Syukur kalau ada diantara mereka yang membaca ulang tugas yang telah selesai dikerjakan tersebut. Kebanyakan dari mereka hanya menerima, melihat bentuk tugas ( jika tersusun rapi mereka puas, jika tidak...!!!), kumpulkan kepada guru pembimbing tanpa dii koreksi ulang. Sehingga banyak dari tugas2 tersebut dikembalikan tanpa syarat oleh pembimbingnya. Jika sudah begini... mereka akan datang kepada si penjaga bersangkutan dan ngomel2 tak tentu, yang membuat si penjaga serba salah dan kehabisan jalan untuk menghadapi makhluk jenis ini.


Dengan kejadian diatas, teringat olehku akan pepatah "Kemajuan teknologi mampu mendekatkan yang jauh, menjauhkan yang dekat. dan juga mencerdaskan yang bodoh dan membodohkan yang cerdas". Tidak berbeda jauh dengan para pelajar ini, dengan kemajuan teknologi mereka mampu memperluas jangkaun pergaulan meraka, tapi tidak jarang dari mereka justru jauh dari lingkungan sekitar yang senantiasa selalu ada dan relatif lebih dekat. Tak jarang dari para pelajar ini yng mampu memper-cerdas diri mereka sendiri dan orang lain dengan teknologi, tapi tidak sedikit juga yang menjadi bodoh karena teknologi.







No comments:

Post a Comment

Dampak Kemajuan Teknologi

Globalisasi teknologi, dalam hal ini perkembangan dibidang teknologi informasi. Pesatnya perkembangan teknologi sering kali disala...